Berita

Penilaian Kinerja Kabupaten/Kota dalam Upaya Pencegahan dan Penurunan Stunting Terintegrasi Tahun 2020

Sekretaris Daerah Kabupaten Dairi Drs Leonardus Sihotang mengikuti Penilaian Kinerja Kabupaten/Kota dalam Upaya Pencegahan dan Penurunan Stunting Terintegrasi Tahun 2020 bertempat di Ballroom Sudirman Le Polonia Hotel Medan, Selasa 29 September 2020.

Sekda Kabupaten Dairi menyampaikan kepada Tim Panelis, bahwa berdasarkan Riskesdas Tahun 2019, Prevelensi Stunting Kabupaten Dairi ada di angka 39,27 % sehingga Pemerintah Kabupaten Dairi telah menetapkan Desa Lokus Stunting Tahun 2020 melalui Keputusan Bupati No.38/444/I/2020 tentang Penetapan Lokasi Fokus Intervensi dan Organisasi Perangkat Daerah Pelaksana, Program/Kegiatan Penurunan Stunting Terintegrasi Kabupaten Dairi dan SK Bupati Dairi No.39/444/I/2020 tentang Tim Koordinasi Aksi Konvergensi Penurunan Stunting Kabupaten Dairi Tahun 2020.

Dalam kesempatan itu, ditambahkan bahwa Kabupaten Dairi telah melakukan Aksi 1 Analis Situasi, Aksi 2 Rencana Kegiatan, Aksi 3 Rembuk Stunting, dan Aksi 4 Penyusunan Peraturan Bupati tentang Peran Desa terhadap Penanggulangan dan Penurunan Stunting Terintegrasi.

Selanjutnya dalam rangka persiapan intervensi di Tahun 2021, Pemerintah Kabupaten Dairi telah menetapkan Desa Lokus Stunting Tahun 2021-2024 melalui Keputusan Bupati Dairi No.796/444/XI/2020 tentang Penetapan Lokasi Fokus Intervensi, Organisasi Perangkat Daerah Pelaksana, dan Uraian Kegiatan Penurunan Stunting Terintegrasi Kabupaten Dairi Tahun 2021-2024

Hadir dalam kesempatan itu Kepala Bappeda Kabupaten Dairi Ir.Hotmaida D.U Butar butar, M.T, Kadis Kesehatan dr.Ruspal Simarmata, dan Kadis PMD Drs.Junihardi Siregar, M.M.

Pada kesempatan yang sama, Sekda Provinsi Sumatera Utara Dr Hj R.Sabrina yang hadir dalam penutupan kegiatan dimaksud, menekan kepada seluruh Kabupaten/Kota harus komit dan melaksanakan aksi konvergensi percepatan penurunan stunting secara baik. Aksi dimaksud adalah intervensi secara terkoordinir, terpadu, dan bersama-sama menyasar kelompok sasaran prioritas untuk mencegah stunting.

Related Articles

Back to top button